Ranu, Grati

Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia

Danau Ranu adalah sebuah danau yang terletak di kecamatan Grati kabupaten Pasuruan. Sebenarnya, kata "ranu" dalam bahasa Jawa memiliki arti "danau", jadi mungkin mulai saat ini Anda jangan menyebutnya Danau Ranu #IfYouKnowWhatIMean

Menurut saya sendiri, danau ini cukup luas dan sangat diperhitungkan untuk menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik cukup tinggi bagi wisatawan lokal dan interlokal.

Danau ini biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk memancing ikan dan membuat keramba (jaring apung). Namun, karena tempat ini sudah menjadi tempat wisata, ada beberapa perahu-perahu milik pengelola tempat yang terkenal sedikit "misterius" ini yang memang dituukan untuk wisatawan yang ingin berkeliling Ranu.

Untuk hal-hal dan info, lebih jelasnya silahkan googling sendiri ya (keyword: Danau Ranu Pasuruan)

Jika Anda berminat untuk mengunjungi Ranu, persiapkan uang sekitar Rp.2000,- hingga Rp.5000,- untuk biaya masuk, sebenarnya saya lupa mengenai harga tersebut, jadi saya usulkan untuk membawa uang lebih untuk berjaga-jaga.

Foto di bawah ini adalah foto hasil jepretan saya dan teman saya saat berkunjung di Ranu.
(rumah teman saya dekat dengan Ranu lho)














Komentar